Budidaya Ikan Gabus / Haruan (Chana striata)

Gabus / Haruan

Ikan gabus. Hampir semua orang tahu. Karena mereka sudah merasakan kelezatannya. Ikan inipun mudah sekali didapat, bisa dibeli di pasar, bahkan di warung-warung sekitar tempat tinggalnya. Namun apakah mereka tahu asal-usul ikan tersebut. Tentu saja tidak semua orang tahu, termasuk cara budidayanya. Inilah yang akan dikupas dalam artikel ini.

Soal asal usul. Ternyata ikan gabus adalah ikan asli Indonesia. Hidup di perairan sekitar kita, di rawa, di waduk dan di sungai-sungai yang airnya tenang. Namun ikan gabus yang bisa dibeli di pasar-pasar dan warung-warung, kemungkinan besar dari Kalimantan. Karena pulau itulah yang kini menjadi pemasok terbesar untuk pasar-pasar seluruh Indonesia. Namun sayang, populasi ikan gabus di alam sudah mulai berkurang, sehingga budiadaya ikan ini perlu dikembangkan.

Lalu soal cara budidaya ikan gabus. Ternyata ikan inipun tidak susah. Tidak perlu dengan pemijahan buatan, cukup dengan pemijahan alami. Tentu saja hal ini disebabkan karena ikan gabus sudah akrab dengan perairan kita. Salah satu instansi perikanan yang sudah berhasil adalah Balai Budidaya Air Tawar Mandiangin, Kalimantan Selatan. Artikel inipun diambil dari salah satu leafletnya.

Namun sebelum mengupas tentang cara budidayanya, alangkah lebih baiknya kita tahu dulu tentang biologinya, terutama habitat, kebiasaan hidup, kebiasaan makan dan sistematikanya. Di Kalimantan, ikan gabus banyak ditemukan di rawa-rawa daerah pedalaman, hidup di dasar perairan yang dangkal, bersifat carnivor atau pemakan daging, terutama ikan-ikan kecil yang mendekatinya. Ikan gabus bersifat musiman, memijah pada musim hujan dari Bulan Oktober hingga Desember.

Secara sistematika, seorang ahli perikanan, Kottelat (1993) memasukan kedalam : Kelas : Pisces; Ordo : Labyrinthycy; Famili : Chanidae; Genus : Channa; Spesies : Channa striata; sinonim dengan Ophiochephalus striatus. Ikan gabus memiliki nama lain, yaitu gabus isilah Indonesia, Haruan merupakan nama daerah Kalimantan. Sedangkan dalam Bahasa Inggeri disebut Snaka Head Fish.

Beda jantan dan betina

Jantan dan betina ikan gabus bisa dibedakan dengan mudah. Caranya dengan melihat tanda-tanda pada tubuh. Jantan ditandai dengan kepala lonjong, warna tubuh lebih gelap, lubang kelamin memerah dan apabila diurut keluar cairan putih bening. Betina ditandai dengan kepala membulat, warna tubuh lebih terang, perut membesar dan lembek, bila diurut keluar telur. Induk jantan dan harus sudah mencapai 1 kg.

Pemijahan

Pemijahan dilakukan dalam bak beton atau fibreglass. Caranya, siapkan sebuah bak beton ukuran panjang 5 m, lebar 3 m dan tinggi 1 m; keringkan selama 3 – 4 hari; masukan air setinggi 50 cm dan biarkan mengalir selama pemijahan; sebagai perangsang pemijahan, masukan eceng gondok hingga menutupi sebagian permukaan bak; masukan masukan 30 ekor induk betina; masukan pula 30 ekor induk jantan; biarkan memijah; ambil telur dengan sekupnet halus; telur siap untuk ditetaskan.

Untuk mengetahui terjadinya pemijahan dilakukan pengontrolan setiap hari. Telur bersifat mengapung di permukaan air. Satu ekor induk betina bisa menghasilkan telur sebanyak 10.000 – 11.000 butir.

Penetasan telur

Penetasan telur dilakukan di akuarium. Caranya : siapkan sebuah akuarium ukuran panjang 60 cm, lebar 40 cm dan tinggi 40 cm; keringkan selama 2 hari; isi air bersih setinggi 40 cm; pasang dua buah titik aerasi dan hidupkan selama penetasan; pasang pula pemanas air hingga bersuhu 28 O C; masukan telur dengan kepadatan 4 – 6 butir/cm2; biarkan menetas. Telur akan menetas dalam waktu 24 jam. Sampai dua hari, larva tidak perlu diberi pakan, karena masih menyimpan makanan cadangan.

Pemeliharaan larva

Pemeliharaan larva dilakukan setelah 2 hari menetas hingga berumur 15 hari, dalam akuarium yang sama dengan kepadatan 5 ekor/liter. Kelebihan larva bisa dipelihara dalam akuarium lain. Pada umur 2 hari, larva diberi pakan berupa naupli artemia dengan frekwensi 3 kali sehari. Dari umur 5 hari, larva diberi pakan tambahan berupa daphnia 3 kali sehari, secukupnya. Untuk menjaga kualitas air, dilakukan penyiponan, dengan membuang kotoran dan sisa pakan dan mengganti dengan air baru sebanyak 50 persen. Penyiponan dilakukan 3 hari sekali, tergantung kualitas air.

Pendederan

Pendederan I ikan gabus dilakukan di kolam tanah. Caranya : siapkan kolam ukuran 200 m2; keringkan selama 4 – 5 hari; perbaiki seluruh bagiannya; buatkan kemalir dengan lebar 40 cm dan tinggi 10 cm; ratakan tanah dasarnya; tebarkan 5 – 7 karung kotoran ayam atau puyuh; isi air setinggi 40 cm dan rendam selama 5 hari (air tidak dialirkan); tebar 4.000 ekor larva pada pagi hari; setelah 2 hari, beri 1 – 2 kg tepung pelet atau pelet yang telah direndam setiap hari; panen benih dilakukan setelah berumur 3 minggu.

47 Komentar

  1. sumarna said,

    1 Januari 2011 at 11:03 am

    Bagus…saya mo blajar…

  2. captain said,

    25 Juni 2011 at 7:40 am

    beli bibitnya didaerah mana ya? buat saya yg tinggal di tangerang, untuk digoreng saja sudah tidak ada yg jual dipasar,

    • YUSRI AZMI said,

      30 Juni 2011 at 2:00 am

      bibit gabus masih banyak terdapat didaerah kalimantan selatan (banjarmasin), kalimantan timur (grugot)

      ada yang sdh melalui budidaya maupun melalui penangkapan dirawa lalu dibesarkan….

      kalo mas mau,,, bisa aja kita usahakan…..

      terima kasih @captain udah mampir…..

  3. 13 September 2011 at 1:31 pm

    kalau untuk pemeliharaan di akuarium untuk keperluan penelitian kira@ dgn padat tebar brp ya per liter??khusus untuk benih yg akn didederkan pd tahap pendederan 1…

  4. Tjahyono said,

    19 November 2011 at 6:47 am

    Pak Yusri Azmi
    Mohon informasi grogot dimana, dengan siapa untuk mendapatkat
    bibit ikan gabus. Saya di Balikpapan Kaltim

    Trimakasih

    • wishnu said,

      2 Juli 2012 at 6:26 pm

      Sekedar info bwat kang Tjahyono,..
      di Bendungan BDI atau BDS 2 lumayan banyak kang ikan Haruannya,
      terkadang saya mancing seminggu 1 kali, klo berminat langsung coba ke TKP ja kang..
      3 ekor di ember masih hidup sudah 1 minggu ini saya pelihara,
      pesananya teman yng istrinya habis Operasi usus buntu.

      demikian infonya Kang Tjahyono…

    • ika said,

      31 Oktober 2012 at 3:58 am

      sy ada bibit ikan gabus hub. 085345776759

  5. hakim said,

    21 Desember 2011 at 8:07 am

    mas saya mau tanya?

    1. brapa bulan ikan haruan bisa di panen?

    2dan berat nya brapa per ekor nya.
    Itu aj makasih

  6. rizal said,

    24 Februari 2012 at 12:55 pm

    sangat membantu informasi ini

  7. tristijono said,

    9 Maret 2012 at 1:15 am

    Pak Yusri,
    Kalo beli bibit yang bagus di Banjar dimana pak…? informasinya beli di BArito tp disebelah mana pak..? apa Bapak punya info..selanjutnya klo mau konsultasi kemana ? mgkn ada HP pak..? Thanks

  8. immu said,

    28 Mei 2012 at 11:25 am

    Mas Yusril, dimanakah saya bisa belajar budidaya ikan gabus

    • YUSRI AZMI said,

      7 November 2012 at 5:50 am

      bapak tinggal didaerah mana ?
      setiap daerah mempunyai balai benih / balai budidaya air tawar yang dikelola oleh kabupaten/provinsi
      nah, bapak bisa datang kesana dan bisa belajar bagaimana cara budidayanya, cara pemijahannya dll…

  9. syaipul anwar said,

    28 Juli 2012 at 4:55 pm

    Makasih banyak atas ilmunya mas Yusri, moga bisa saya praktikkan.

  10. rihat al said,

    20 April 2013 at 2:58 am

    alamat balai budidaya iakan air tawar di balikpapan

    • rihat al said,

      20 April 2013 at 3:00 am

      saya ingin tahu cara pembudidayaan / ternak ikan gabus

  11. berlian said,

    24 Agustus 2013 at 6:48 am

    hub ucok maupazan,sang maestro ikan gabus……balai benih kalsel

  12. Catur said,

    27 Agustus 2013 at 6:32 am

    Bos saya baru saja mw mencoba utk budidaya haruan ini….
    Bsa di bantu utk kendala dalam pemeliharaan ikan haruan in?cz d tempat saya blm ada budidaya ikan haruan….

  13. azka said,

    16 September 2013 at 4:03 pm

    Sedia Ikan Gabus Siap Konsumsi kondisi hidup dan segar: cocok untuk konsumsi rumahan, warung makan, restoran dan penyembuhan pasca operasi, 1 kg isi : 5-7 ekor, Harga Rp.42000/kg, sedia juga ukuran besar, info. Sms/Tlp. 0878 8374 8685

    • Bagoos said,

      15 Oktober 2013 at 3:52 am

      Di daerah mana bisa kita dapatkan pak? saya di balikpapan

  14. dhany said,

    24 Oktober 2013 at 3:09 am

    Pak mau nanya apakah kolam pendederan sama dg pembesaran?…kolam pendederan seumpama menggunakan kolam beton apakah bisa?…terima kasih..

  15. Azhar Ramadhan said,

    9 November 2013 at 8:00 am

    Saya Azhar Ramadhan dari Banjarmasin KALIMANTAN SELATAN, beberapa bulan yang lalu membudidayakan ikan gabus ( bahasa banjarnya iwak haruan ) dari ukuran kecil sampai ukuran konsumsi, ada yang 800 gram ( 8 ons ) per ekor setelah pemeliharaan selama 9 bulan…. ini ada sebagian videonya http://www.youtube.com/user/azharramadhan1971/videos …… Semoga bermanfaat

    • Samsul Huda said,

      23 November 2013 at 8:34 am

      saya di pontianak pak>> kalo boleh shering penglaman mengenai budidaya ikan gabus bisa minta kontak HP nya pak..?? sya bekerja di instansi kesehatan untuk keperluan penyembuhan luka..

      • sakurik said,

        29 April 2014 at 6:29 pm

        081353316011

  16. hary said,

    5 Desember 2013 at 8:13 am

    info yang bermanfaat

  17. RIMBA said,

    16 Februari 2014 at 3:46 am

    mohon informasi kawan kawan… apa bisa ikan gabus dibudidayakan bersama ikan lele, mengingat bentuknya hampir sama…… terimakasih sebelumnya……..

  18. angga perdana said,

    7 Maret 2014 at 12:48 pm

    apakah ikan gabus bisa di budidayakan di kolam terpal

  19. riska said,

    11 April 2014 at 3:08 am

    dimana yah artemia bisa di dapat??? saya perlu banget untuk penelitian..

  20. Rino Aqib Suwito said,

    16 April 2014 at 1:16 am

    untuk pembesaran makanan ikan gabus nya apa ya, apa bisa dkasih makan limbah kepala udang ato limbah perut ikan yg dari pasar2 itu, terimakasih.

  21. sakurik said,

    29 April 2014 at 6:27 pm

    Saya ad jual ikan gabus yang sudah besar.
    Minat hub:081353316011

  22. 16 Mei 2014 at 9:24 am

    ikan ini buat pertumbuhan anak gimana gan bagus gak ?

  23. 16 Mei 2014 at 9:25 am

    mantap sekarang ikan dgabus dah bisa di budi dayakan

  24. muji mulysnto said,

    19 Mei 2014 at 1:10 pm

    mantap inpox mas :-)

    klo boleh tahu kira2 butuh waktu brp bulan utk bs layak konsumsi?

  25. 20 Mei 2014 at 2:31 pm

    ikan gabus kurang terkenal tapi kandungan giji nya no 1 gan

  26. halawi said,

    25 Mei 2014 at 2:53 pm

    memang betul, alhamdulillah, setelah operasi atau ada luka, bisa cepat kering dan menuju kesembuhan. halawi

  27. jejen said,

    26 Mei 2014 at 2:47 pm

    informasi yg bgs, smoga brmanfaat..

  28. sukartono said,

    21 Juli 2014 at 3:13 am

    Bisa ngak kita ingin tahu alamat budi daya ikan gabus di sumsel .karena didaerah ini masih banyak yang liar.

  29. 11 Agustus 2014 at 8:09 am

    Dijual bibit ikan gabus, utk wilayah cirebon – indramayu. Almt jl. karangampel kidul no.124 Gg.8 selatan (089686438738)

  30. hendra said,

    14 Agustus 2014 at 6:01 pm

    kalau mau beli bibit gmn carax?

  31. 27 Agustus 2014 at 10:59 am

    silahkan yg minat beli benih gabus hubungi saya 089686438738, almt kab.indramayu-kec.karangampel gg 8 selatan,jawa barat

  32. saleh said,

    28 Agustus 2014 at 6:51 pm

    Makasih ilmunya mas, semoga bermanfaat untuk orang banyak

  33. adian haris siregar. said,

    4 September 2014 at 4:15 am

    mantappp.

  34. hendro said,

    13 September 2014 at 3:58 pm

    Agan2 sekalian minta info nya ya.Saya di pontianak,di mana ada jual ikan gabus ya?untuk pasca operasi.Terima kasih.

  35. pak nur said,

    9 Oktober 2014 at 6:24 am

    Prospek budidaya ikan gabus sangat bagus, serapan pasar oke. Kandungan albumin dalam daging ikan gabus sangat tinggi, merupakan obat alternatif yg ampuh utk penyembuhan pasca operasi.

  36. dody said,

    13 Oktober 2014 at 9:34 am

    iwak kutuk, albuminnya banyak, bermanfaat bg ibu hamil, balita, penyakit sindrom nefrotik

  37. ichank said,

    17 November 2014 at 12:27 pm

    sy butuh ikan gabus hasil budiday,,ukuran 450 – 600gr butuh sekitar 18kg,kirim wilayah malang kota..
    085231233533


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: